Header Ads

Charles Babbage (1792-1871)


Charles Babbage (1792-1871)

Charles Babbage ini juga masih masuk dalam tokoh management aliran klasik. Charles Babbage memiliki konsep pemikiran yang berbeda dengan prinsip-prinsip menejemen Robert Owen. Dia berpendapat bahwa dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmiah pada proses kerja dapat menaikkan produktivitas dari tenaga kerja dan menurunkan biaya. Hal ini didasari oleh efektifitas pengalaman dan pendalaman terhadap suatu bidang oleh pekerja sehingga pekerjaan dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Charles Babbage berfokus dalam hal pembagian kerja (division of labour) yang memiliki beberapa keunggulan, yaitu: waktu yang diperlukan untuk belajar dari pengalaman-pengalaman yang baru, harus ada spesialisasi dalam pekerjaan.
Ada banyak waktu yang terbuang bila seseorang berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain dan orang tersebut harus menyesuaikan kembali pada pekerjaan barunya sehingga menghambat kemajuan dan ketrampilan pekerja). Kecakapan dan keahlian seseorang bertambah karena seseorang pekerja bekerja terus-menerus dalam tugasnya, adanya perhatian pada pekerjaannya sehingga dapat meresapi alat-alatnya karena perhatiannya pada itu-itu saja.
Charles Babbage mengembangkan prinsip efisiensi dalam pembagian tugas dan perkembangan prinsip-prinsip ilmiah. konsep ini dapat memudahkan menejemen untuk menganalisis efektifitas bidang kedja sebuah perusahaan. Menejemen dapat menentukan seorang manajer, fasilitas, bahan, dan tenaga kerja yang sesuai (efektif) untuk mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya.
Selain efisiensi dan prinsip pengetahuan, Babbage juga memperhatikan faktor manusia, dia menyarankan sebaiknya ada semacam sistem pembagian keuntungan antara pekerja dan pemilik pabrik, sehingga para pekerja memperoleh bagian keuntungan pabrik, apabila mereka ikut menyumbang dalam peningkatan produktivitas.
Charles Babbage lah yang menyarankan bahwa para pekerja selayaknya menerirna pembayaran tetap atas dasar sifat pekerjaan mereka, ditambahkan dengan pembagian keuntungan, dan bonus untuk setiap saran yang mereka berikan dalam peningkatkan produktivitas.


Diberdayakan oleh Blogger.